Home » Berita Utama » Lima Stadion Sepak Bola Terbaik di Indonesia
Stadion Utama Riau masuk nominasi stadion terbaik di dunia

Lima Stadion Sepak Bola Terbaik di Indonesia

Sumatratimes.com — Sepak bola, olahraga mengolah si kulit bundar telah menjadi salah satu olahraga paling diminati di Indonesia, selain bulutangkis. Olahraga yang melibatkan 22 pemain dan satu wasit ini memiliki peminat yang tersebar di mana-mana, hingga ke pelosok Tanah Air.

Berbicara mengenai sepak bola tak pernah lepas dari stadion tempat berlangsungnya pertandingan. Berikut ini 5 stadion sepak bola terbaik di Indonesia.

 

  1. Stadion Utama (Riau)

Stadion Utama Riau saat pertandingan malam

Stadion ini berarsitektur mirip Allianz Arena, markas Bayern Munchen di Jerman. Stadion ini  menggunakan sistem single seater di seluruh tribun.

Stadion Utama Riau dibangun pada 2009 dengan biaya Rp 1,18 triliun untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012.

 

2.Stadion Mandala (Jayapura)

Stadion Mandala Jayapura

Meski tak ada yang istimewa dari bentuk arsitekturnya, dan jaraknya yang jauh di ujung timur Nusantara, namun stadion ini memiliki kelebihan kualitas lampu yang sangat mengagumkan.

Begitu pula kualitas rumputnya yang tak kalah bagus. Organisasi sepakbola Asia, AFC, pernah menjadikan Stadion Mandala sebagai stadion terbaik di Indonesia pada 2011 silam.

 

  1. Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang)

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion yang semula bernama Jakabaring dengan kapasitas 40.000 orang ini dibangun untuk penyelenggaraan PON XVI 2004.

Tidak hanya tampil sangat megah, Stadion Gelora Sriwijaya juga memiliki atap dengan desain menyerupai bentuk kapal khas kerajaan Sriwijaya.

 

  1. Stadion Pakansari (Bogor)

Stadion Pekansari Bogor

Stadion Pekansari ini terletak di Kota Hujan, yakni Bogor. Meski hanya berkapasitas 30.000 tempat duduk, namun semua tribunnya sudah menggunakan sistem single seater lengkap.

Penomorannya seperti stadion-stadion di Eropa, serta memiliki kualitas rumput kelas satu.

Oleh karena kelebihannya, Stadion Pakansari ini menjadi markas Tim Nasional Indonesia, dan venue untuk pertandingan final Piala AFF 2016 lalu.

 

  1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)

Stadion Gelora Bung Karno

Kapasitasnya besar, bisa menampung 110.000 penonton. Konstruksi atapnya juga unik, dan semua tribun tertutup.

Pernah bertengger pada peringkat 75 dalam daftar 100 stadion terbaik dunia versi Four Four Two, tak salah jika menyebut Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai stadion sepak bola terbaik di Indonesia hingga saat ini, bahkan juga di Asia Tenggara. (sumber: terketik.com)

 

Redaksi: Amran

x

Check Also

Kata Biro Hukum DKI soal Tas ‘Pemprov DKI’ di Kasus Gubkepri Nonaktif

Sumatratimes.com – Jaksa KPK mengungkap ada duit yang diduga bagian dari gratifikasi Gubernur Kepri (Gubkepri) ...