Home » Fokus Rohil » PKK Tanah Putih Tanjung Melawan Edukasi Anak Berkebutuhan Khusus
Ketua TP PKK Kecamatan TPTM Ny Rina Kemalasari memberikan bingkisan berupa peralatan sekolah kepada anak-anak berkebutuhan kusus. f-sarbaini

PKK Tanah Putih Tanjung Melawan Edukasi Anak Berkebutuhan Khusus

Sumatratimes.com – Tim Pengerak PKK Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan setiap bulannya rutin melaksanakan kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan yang mana pelaksanaan sesuai dengan Kelompok dan Program Kerja (Pokja) yang telah ditentukan.

Untuk kesempatan bulan ini TP PKK Kecamatan TPTM melaksanakan kegiatan memberikan edukasi berupa informasi dan pembelajaran tentang pola asuh terhadap orang tua & anak berkebutuhan khusus se Kecamatan TPTM.

Acara ibuka Ketua TP PKK Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Ny Rina Kemalasari. Dihadiri Ketua TP PKK Kelurahan dan Kepenghuluan beserta anggota, para Kepsek SD, orang tua & anak-anak berkebutuhan khusus, serta narasumber Darmawati SAg, dari Sekolah Luar Biasa (SLB)  Negeri Pekanbaru.

“Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif dari TP PKK kecamatan TPTM yang mana ada ditemukannya anak berkebutuhan khusus tersebut bersekolah di sekolah negeri, disebabkan tidak terdapatnya sekolah luar biasa di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan ini,” kata Ny Rina Kemalasari.

Ketua TP PKK TPTM Ny Rina Kemalasari, pengurus TP PKK, para guru dan murid-murid berkebutuhan kusus. f-sarbaini

Saat ini anak-anak berkebutuhan kusus yang masih terdata 13 orang, tersebar di tingkat sekolah dasar. Melalui kegiatan ini, harapnya, para guru bisa paham terhadap pola asuh dan cara mendidik anak-anak berkebutuhan khusus tersebut.

“Karena tentulah tidak bisa disamakan pola asuh dan cara mendidiknya dengan anak-anak pada umumnya. Untuk saat ini yang sudah terdata berjumlah 13 orang dari tingkat SD, kita akan terus pantau dan untuk kedepan insya Allah akan kita lakukan edukasi kembali,” jelas Rina Kemalasari.

Orang tua dari anak berkebutuhan khusus tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada TP PKK TPTM yang mana telah memberikan perhatian kepada orang tua dan anak-anak berkebutuhan khusus ini.

“Yang mana baru sekarang inilah diadakan pembelajaran pola asuh ini kepada kami. Sehingga kami menjadi mengerti bahwa mendidik anak seperti ini ada pola khusus,” ujar salah seorang guru peserta edukasi.

Kedepanya, jelas Rina Kemalasari,  diharapkan kepada orang tua, dan guru dapat menggali potensi, dan pengembangan bakat dari anak-anak berkebutuhan khusus ini. “Sehingga nantinya anak berkebutuhan kusus ini dapat hidup mandiri,” terang Kemalasari.

Anak berkebutuhan kusus ini, jelasnya, merupakan amanah dari Allah SWT. Maka dari itu, ucapnya, sebagai orang tua anak berkebutuhan kusus harus dapat menjaga amanah ini, selalu bersyukur dan ikhlas mendidiknya, karena mereka juga merupakan generasi penerus bangsa yang berbakat.

“Tidak perlu malu dengan keadaan anak kita ini, karena mereka merupakan anak yang sebenarnya mempunyai bakat yang luar biasa yang sangat perlu kita gali dan kita kembangkan,” ujar istri Camat Tanah Putih Tanjung Melawan itu. (sarbaini)

 

Rekasi : hendri

x

Check Also

Pemkab Rohil Mutasi 22 Pejabat Eselon III dan Eselon IV

Sumatratimes.com – BupatI Rohil H Suyatno, melakukan rotasi dan perombakan pada 10 pejabat Eselon  III ...