Home » Kabar Riau » BMRB Riau Diskusi Pengembangan Potensi Pemuda

BMRB Riau Diskusi Pengembangan Potensi Pemuda

Sumatratimes.com – Minggu, 3 November 2019, Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda Riau Bersatu (DPP BMRB) mengelar iskusi membicarakan Pengembangan Potensi Anak Muda bersama Edwin Pratama Putra SH, yang saat ini merupakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia  periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Provinsi Riau.

Diskusi ini dihadiri Riki Zaputra MPd yang merupakan Ketua Umum BMRB, Rudi Irawan SPd selaku Sekjen BMRB, Rivaldi SPdI sebagai Waketum I Bidang Keorganisasian, ada juga Bung Abdul Mutholib SPdI MPd sekalu Waketum III Bidang Kesejahteraan, dan Delpi Susanti S IP MIP selaku Ketua DPP Pendidikan Litbang dan Pemberdayaan Perempuan sekaligus Ketua DPP Srikandi BMRB Riau.

Sesi dimulai dengan pengenalan organisasi oleh Rudi Irawan, selaku Sekjen, yang membuka sebagai moderator diskusi, dan Edwin Prama, sebagai Pembina BMRB, yang alhamdulillah diterima beliau.

“Selanjutnya sinergitas program yang diusungkan dari Riau lebih baik agar bisa menjadi generasi Riau terbilang dikancah nasional,” tutur RRiki Zaputra, Ketua Umum BMRB Riau.

Saat ini jika dikaji secara mendalam tidak semua pemuda memiliki cita-cita luhur untuk menjadikan bangsa ini bangsa yang lebih maju. Sementara suatu bangsa pastinya memiliki harapan yang besar agar pada masa yang akan datang para pemuda dapat menjadikan bangsa Indonesia ini bangsa yang lebih maju.

“Terkhusus dalam hal ini Riau dengan slogan Riau Lebih Baik diharapkan akan membawa potensi kaum muda supaya bersinergi dengan para pemangku kebijakan, dan yang menjalankan kebijakan. Tentunya dalam keinginan mewujudkan Riau Lebih Baik maka aka ada yang tak baik menjadi baik,” katanya.

Persoalan-persoalan yang seharusnya bisa terkoordinirkan oleh kaum muda sebagai agent perubahan. Sosok pemuda diharapkan dapat melanjutkan perjuangan dari generasi sebelumnya. Sebagai mana pendapat Surakhman, pemuda merupakan lapisan eksponental bangsa, yang berjumlah 30 persen dari jumlah seluruh bangsa Indonesia dan merupakan lapisan yang penuh dengan dinamisme, vitalitas heroism.

Selanjutnya Ketenagakerjaan merupakan isu utama yang diangkat selama ini baik terutama dalam kampanye baik dalam pemilihan Kepala Desa, Bupati/Walikota, Gubernur, maupun dalam pemilu mulai dari DPRD, DPRD Provinsi, DPD, serta dalam kampanye orang nomor 1 di Indonesia sekalipun Presiden RI.

Kaum muda saat ini mewakili hampir setengah dari pengangguran di dunia. Secara keseluruhan, angka pengangguran kaum muda meningkat hampir sebesar empat kali lipat dibandingkan dengan angka pengangguran orang dewasa.

Selain itu, kaum muda yang tidak terberdayakan (pengangguran dan pengangguran terselubung) di pasar kerja dan kaum muda yang tidak tersentuh (baik oleh pendidikan maupun angkatan kerja) di kalangan perempuan muda.

Potensi penuh mayoritas kaum muda belum tergali karena mereka tidak memiliki akses terhadap pekerjaan yang produktif tutur DS selaku Ketua DPP PLPP dan Ketua DPP Srikandi BMRB.Dengan hadirnya Tokoh Muda yang diduduk dikancah Nasional bisa membuka peluang untuk masyarakat terkhusus Riau sehingga dalam alur kerjanya system politik masyarakat bisa mengenali diri dari sisi Input, Output dan Outcome sebagai proses penerapan kebijakan.

Sehingga kebijakan yang dihasilkan merupakan kebijakan yang sesuai dengan Demand (tuntutan), kemudian di Support (didukung) sehingga diproses dan menjadi kebijakan yang diterima di Environtment (lingkungan) sehingga benar-benar terjalin alur Feed Back (timbal balik) dari masyarakat yang terwakili. (Delpi Susanti)

 

Redaksi: Amran

x

Check Also

Gubri Terima DIPA 2020 Sebesar Rp25,2 T

Sumatratimes.com – Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menerima langsung Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan ...