Home » Berita Utama » Surya Arfan Lantik Pengurus Saka Wira Kartika Kodim 0321/Rohil 2019-2024

Surya Arfan Lantik Pengurus Saka Wira Kartika Kodim 0321/Rohil 2019-2024

Sumatratimes.com- Ketua Kwartir Cabang 0410/Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Minggu, 3 November 2019, mengukuhkan dan melantik Kamabisaka dan Dewan Pimpinan Saka Pramuka Wira Kartika Kodim 0321/Rohil masa bhakti 2019-2024, bertempat di Kodim 0321/Rohil di Kawasan Pusat Pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam.

Pengukuhan dan pelantikan kepengurusan dan pimpinan Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika Kodim 0321/Rohil berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakkan Pramuka 0410/Rohil Nomor:   18  Tahun 2019 Tetang Pengesahan Kepengurusan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika Kodim 0321/Rohil masa bhakti 2019-2024.

Ka Kwarcab H Surya Arfan, bersama Ketua MPS Pramuka Saka Wirakartika Kodim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudin beserta pengurus Saka Wira Kartika. f-rilis

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudin SIP MI POL, menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika Kodim 0321 Rohil Masa Bhakti 2019-2024. Kasdim Mayor Inf  Sumarno sebagai Pimpinan Saka Wira Kartika, Pasi Pers Kodim 0321 Rohil Kapten Arh Hardi sebagai Sekretaris Saka Wira Kartika, Pasi Ter  Kapten Kapten Arh Jemi Rianto sebagai Ketua Harian, serta Pasi Log Kapten Arh S Siregar sebagai Bendahara.

Danramil 05/Rimba Melintang Kapten Czi A Panjaitan sebagai Pimpinan Krida Navrad, Danramil 03/Bagan Sinembah Kapten Inf Y Menrofa sebagai Pimpinan Krida Pioneering, Danramil 02/Tanah Putih Kapten Inf Khairul Anwar sebagai Pimpinan Krida Mountaineering, Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi sebagai Pimpinan Krida Penanggulangan Bencana, dan Wadanramil 01/Bangko Lettu Inf Tayung sebagai Piminan Krida Survival.

“Selamat kepada Kakak-kakak yang telah dilantik dan dikukuhkan sebagai Mabi Saka, dan Pimpinan Saka di lingkungan Kodim 0321/Rohil. Semoga dengan bergabungnya Saka Wira Kartika sebagai mitra gerakan Pramuka akan lebih maju dan baik lagi pembinaan Gerakkan Pramuka di Rohil ini kedepan,” kata Ka Kwarcab 0410/Rohil Kakak H Surya Arfan MSi.

Kak Surya Arfan mengucapkan terima kasih kepada Kakak Pimpinan kodim 0321/Rohil yang telah bergabung digerakan Pramuka, dan semoga pemuda dapat menyalurkan pengembangan bakat dan minatnya di Saka Wira Kartika, dan meningkatkan semangat kegiatan kepramukaan.

“Jangan pernah bosan dan lelah memajukan Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan bangsa ini,” ujar Kak Surya, yang juga Setda Pemkab Rohil.

Dikatakan Kak Surya Arfan, Saka Wira Kartika Kodim 0321 Rohil dirintis dan mulai dilaksanakan akhir 2017. Pembentukan Saka Wira Kartika Kodim 0321 Rohil berdasarkan Peraturan Bersama Kepala Staf Angkatan Darat dengan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 182/X/2007 DAN 199 tahun 2007 tertanggal 28 Oktober 2007 tentang Kerja Sama dalam usaha Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Bela Negara dan Kepramukaan, serta Keputusan Kwarnas Nomor 205 tahun 2009.

Sekarang ini, sebut Kak Surya, Kwarnas telah bermitra dengan 11 Satuan Karya (Saka), yakni Saka Bhayangkara di instansi Kepolisian, Saka Dirgantara di Angkatan Udara, Saka Wana Bakti di Kehutanan,  Saka Bahari di Angkatan Laut, Saka Wira Kartika di Angkatan Darat, Saka Bakti Husada di Kesehatan, Saka Widya Budaya Bakti di Pendidikan, Saka Pariwisata di instansi Wisata, Saka Kencana di instansi Keluarga Berencana, Saka Taruna Bumi di di Pertanian, dan Saka Kalpataru di Instansi Lingkungan Hidup.

Gerakan Pramuka, kata Kak Surya, telah memberikan kontribusi yang nyata dalam dunia pendidikan di Indonesia, dan semangat itu tidak pernah pudar, dan tidak boleh pudar, dan di dalam Gerakan Pramuka tidak adanya sekat-sekat politik, daerah, ras, suku, agama dan terlebur menjadi kebhinekaan yang indah.

“Untuk itu, saya pesan kepada masyarakat secara lebih luas khususnya kepada para orangtua dan guru, agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan (Gudep) masing-masing,” terangnya.

Dikesempatan itu, Kak Surya Arfan menyampaikan terima kasih terutama kepada Bapak Bupati Rohil H Suyatno selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang yang telah memberkan bantuannya baik yang bersifat moril dan juga materil.

“Tidak mungkin rasanya gerakan pramuka dapat terlaksana program kegiatannya tanpa adanya dukungan dan perhatian dari pemerintah,” ujar Kak Surya. (rilis)

 

Redaksi: Amran

x

Check Also

Presiden Diminta Terbitkan Peraturan Pemerintah Tentang Syarat Nikah

Sumatratimes.com — Rencana penerapan sertifikat layak kawin disetujui berbagai kalangan. Memperoleh sertifikat layak kawin melalui ...