Home » Bisnis Ekonomi » JK Ungkap Kenapa Barang Made in China Banjiri RI
Wapres RI H Jusuf Kalla (JK) menjadi pembicara kunci dalam dialog bersama dengan 100 ekonom di The Westin Hotel, Jakarta.

JK Ungkap Kenapa Barang Made in China Banjiri RI

Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menjadi pembicara kunci dalam dialog bersama dengan 100 ekonom di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Sebagai mana diberitakan CNBC Indonesia, dalam kesempatan itu, JK membeberkan kenapa barang impor asal China bisa banjiri Indonesia.

Menurut JK, perang dagang menjadi permasalah utama. Barang dari China yang masuk AS terkendala tarif sehingga masuk pasar dalam negeri.

“Tahun ini terjadi perang dagang. Perang dagang efeknya muncul barang-barang buatan China. Produk China akan terjadi over (berlebih) maka akan menjual ke negara lain termasuk Indonesia,” jelasnya.

Salah satu yang menerjang Indonesia, menurut JK, adalah impor tekstil. Nah, khusus untuk impor tekstil, telah menyebabkan pabrik di Jawa Barat dan sekitarnya mengalami benturan dan masalah.

Bahkan, lanjut politikus senior Partai Golongan Karya itu, barang buatan China lainnya sudah ada di mana-mana.

“Saya check up di rumah sakit, lihat alkohol, obat semua buatan dari China. Kalau tidak Vietnam. Dan hanya sesekali Indonesia. Tidak seimbang daya saingnya,” kata JK.

 

Redaksi :  Amran

x

Check Also

Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru di Blok Siak

Sumatratimes.com — Pertamina Hulu Energi (PHE) menyatakan ada potensi cadangan minyak di Blok Siak. Pertamina ...