Home » Berita Utama » Rohil Dapat Tropi Proklim ke 12 Dari Kementrian KLH

Rohil Dapat Tropi Proklim ke 12 Dari Kementrian KLH

BAGANSIAPIAPI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil mengadakan syukuran dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ke 20 Tahun 2019, yang jatuh pada 4 Oktober 2019. Acara syukuran dilangsungkan di aula Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil di Kawasan Pusat Pemerintahan Pemkab Rohil di Batu Enam.

Bupati Rohil H Suyatno, dan Wakil Bupati Rohil H Jamiludin batal hadir di cara syukuran tersebut. Bupati dan Wabup sedang berada di luar daerah, jelang  pelantikan presiden dan wapres.  Kehadiran Bupati H Suyatno,  dan Wabup H Jamiludin,  diwakilkan Setda Rohil H Surya Arfan.

Pada acara tersebut diserahkan tropi Proklim 2019, yang diperoleh Pemkab Rohil dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) RI. Sejak 2014 sampai 2019, Kabupaten Rohil berhasil mengkoleksi 12 tropi Proklim.

“Tropi Proklim ini merupakan tropi ke 12 yang diterima Pemkab Rohil. Di Sumatera, dan Riau,  kita yang terbanyak memperoleh tropi Proklim ini ,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Pemkab Rohil Suwandi SSos MSi,  kepada media ini usai acara syukuran tersebut.

Pada 2019 ini,  sebut Suwandi,  hanya satu lokasi desa atau kepenghuluan saja yang mendapatkan tropi proklim tersebut.

“Tahun ini predikat Proklim hanya satu lokasi,  yakni di Dusun Iman, Kepenghuluan Balai Jaya, Kecamatan Balai Jaya. Tahun-tahun lalu kita bisa dapat tiga tropi sesuai kriteria yang diikuti,” ujar Suwandi.

Dikatakan Suwandi,  Dinas LH Rohil menargetkan pada 2020 mendatang dapat memperoleh dua atau lebih tropi proklim sesuai kategori yang diikuti.  Untuk itu, ujar Suwandi, Dinas LH Pemkab Rohil akan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan infustri dan perkebunan yang berada disekitar desa peserta proklim.

“Desa-desa kita yang memperoleh penghargaan proklim ini menjadi desa studi banding oleh kabupaten tetangga,  seperti dari Sumatera Utara. Dengan bekerjasama dengan perusahaan yang ada disekitar desa,  diharapkan tahun depan semakin banyak desa yang memperoleh presrasi proklim, ” pungkas Suwandi.

 

Redaksi / Editor: Amran

x

Check Also

Presiden Diminta Terbitkan Peraturan Pemerintah Tentang Syarat Nikah

Sumatratimes.com — Rencana penerapan sertifikat layak kawin disetujui berbagai kalangan. Memperoleh sertifikat layak kawin melalui ...