Home » Berita Utama » Ceramah UAS Sering Dibatalkan Panitia
Ustad H abdul Somad

Ceramah UAS Sering Dibatalkan Panitia

JAKARTA – Akhir-akhiur ini ceramah Ustaz H Abdul Somad LC secara tiba-tiba sering dibatalkan panitia penyelengara tabliq akbar.

Dikutip detiknews.com, sepekan ini saja ada dua panitia membatalkan agenda ceramah ustaz kelahiran Asahan, Sumatera Utara (Sumut), 18 Mei 1977 itu, yakni di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Di Kudus, Jateng, dari poster yang sudah beredar awalnya Ustaz Abdul Somad (UAS) mengisi tablig akbar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah, Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae. Tablig Akbar akan mengambil tema, “Urip Iku Urup”.

“Ya hadir kunjungan saja, tapi tablig akbar ditiadakan,” kata Pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah Kudus, KH Moh Faiq Afthoni.

Pada hari yang telah dijadwalkan, UAS memang datang ke Kudus. Namun dia tak jadi mengisi tablig akbar. UAS hadir dalam lelang lukisan karya santri Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah, dan ziarah makam Sunan Kudus.

Ini bukan pertama kali pengajian UAS dibatalkan di Kota Kretek tersebut. Tahun 2018 agenda ceramah Ustaz lulusan S1 Al Azhar, Mesir, dan S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko tahun 2008 itu juga dibatalkan.

Dalam waktu hampir bersamaan, Rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta juga membatalkan kuliah umum Ustaz Abdul Somad yang rencananya akan digelar pada akhir pekan ini, Sabtu 12 Oktober 2019.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani mengatakan alasan pembatalan tersebut adalah untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM. Menurut dia ada ketidakselarasan antara acara dan pembicaranya.

Selain dua agenda tersebut hari ini juga beredar kabar pembatalan agenda ceramah Ustaz Abdul Somad di Amsterdam, Belanda. Penundaan ceramah Ustaz Abdul Somad oleh panitia sudah sering terjadi.

Akhir Agustus lalu misalnya, ceramah Ustaz Abdul Somad di Siantar terkait peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah juga dibatalkan. Sebab waktu yang dimiliki Ustaz Abdul Somad yang saat itu juga mengisi pengajian di Masjid Agung Pardagangan, Simalungun tak cukup untuk menuju Siantar dalam waktu singkat.

Tahun-tahun sebelumnya juga beberapa kali terjadi panitia membatalkan agenda ceramah Ustaz Abdul Somad. Misalnya, di Semarang, Malang, Solo, Boyolali, Jombang, dan Kediri.

 

Berikut ini biodata Ustaz Abdul Somad yang dirangkum dari detikcom dan sejumlah sumber:

Nama: Abdul Somad

Lahir : Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977

Pendidikan:

S1 Al-Azhar University, Mesir

S2 Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Maroko (2008)

 

Karier

Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim, Riau

Dosen Tafsir dan Hadits di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA, Riau

Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar, Yayasan Masmur, Pekanbaru

Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian (2009-2014)

Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan (2009-2014)

Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau (2009-2014)

 

Karya Buku

37 Masalah Populer

99 Pertanyaan Seputar Sholat

33 Tanya Jawab Seputar Qurban

30 Fatwa Seputar Ramadhan

 

Terjemahan buku:

  1. Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
  2. 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
  3. 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
  4. 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
  5. 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004
  6. Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  7. Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
  8. Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.

 

Editor: Amran

x

Check Also

Rohil Dapat Tropi Proklim ke 12 Dari Kementrian KLH

BAGANSIAPIAPI – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil mengadakan syukuran dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten ...