Home » Berita Utama » Hari Jadi Rohil 2019, Pemkab Rohil Gelar Atip Togak
Bupati H Suyatno, Setda H Surya Arfan, pada acara Atip Togak, Kenduri Bosa, dan Do'a Bersama dalam rangka HUT Rohil ke 20 Tahun 2019. f-amran

Hari Jadi Rohil 2019, Pemkab Rohil Gelar Atip Togak

BAGANSIAPIAPI – Jika Negara Turki memiliki Zikir Berputar yang terkenal itu, maka Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki Zikir Berdiri, atau Atip Togak. Sebagai mana dengan sebutanya, maka ritual berzikir dilakukan dengan cara berdiri.

Sempena menyemarakkan Perayaan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke 20 Tahun 2019, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rohil mengelar acara Atip Togak (Zikir Berdiri), di halaman Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Rohil, di Kota Bagansiapiapi.

Setda H Surya Arfan, pada acara Atip Togak, Kenduri Bosa, dan Do’a Bersama dalam rangka HUT Rohil ke 20 Tahun 2019. f-amran

Atip Togak, atau Zikir Berdiri, merupakan zikir khas di berbagai pondok pesantren yang ada di Rohil. Atip Togak juga rutin diperkenalkan dan dipertontonkan Pemkab Rohil diberbagai ivent, seperti pada Musyabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Riau.

Namun, penyelengaraan Atip Togak, dalam rangka HUT Rohil, merupakan pertama kali dihelat Pemkab Rohil, Rabu, 2 September 2019, yang disejalankan dengan Kenduri Besar, dan Do’a Bersama (Istighosah Qubro).

Acara Atip Togak, Kenduri Bosa, dan Do’a Bersama ini, dihadiri Bupati Rohil H Suyatno, Setda H Surya Arfan, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi, Kejari Gaos Wicaksono, Kapolsek Bangko Komisaris Sasli Rais SIK, para Asisten, Kepala OPD, ASN, MUI, tokoh agama, Ormas, OKP, santri dari ponpes di Rohil, pegawai, dan masyarakat.

Rangkaian acara Atip Togak, diawali dengan Sholat berjamaah, dan dilanjutkan dengan makan bersama. Pemkab Rohil menyembelih satu ekor sapi diacara Kenduri Bosa. Usai acara Kenduri Bosa, dilanjutkan dengan atip togak, dipimpin Kabag Kesra HM Zein, dan Istighosah Qubro. Hujan deras disertai angin kencang mengguyur disaat Atip Togak akan dimulai.

Bupati H Suyatno, menyampaikan dalam rangka memperingati HUT Rohil ke 20 Tahun 2019, Pemda Rohil melaksanakan beberapa acara, salah satunya Atip Togak, Kendui Bosa, dan Istighosah Qubro.

“Kita sudah melaksanakan sholat isya berjamaah. Sebentar lagi kita akan makan bersama di acara  Kendui Bosa, Atip Togak dan Istighosah Qubro. Alhamdulillah kegiatan demi kegiatan berjalan dengan lancar, walaupun dalam keadaan hujan,” ujar Bupati H Suyatno.

Terkait hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke 20 Tahun 2019, Bupati H Suyatno mengajak masyarakat agar mendoakan Kabupaten Rohil semakin maju dan masyarakat tentram dan tenang.

“Di usia Kabupaten Rohil ke 20 yang kita cintai, banyak Pemda laksanakan program seperti pembanguna insfraktruktur, kesehatan dan pendidikan. Mari kita doakan kabupaten kita cintai, menjadi kabupaten yang maju,” ucap Suyatno.

Bupati Suyatno juga menambahkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Rohil. Contoh, pembangunan jalan dari Ujung Tanjung ke Bagansiapiapi, sudah selesai tahap pertama, dan kini tinggal di Teluk Pulau Hulu, Rimba Melintang.

“Ada kabar gembira, di tahun 2020 nanti, Pemda Rohil mendapat anggaran sebesar 190 miliar untuk pembangunan jalan dari Ujung Tanjung ke Bagansiapiapi. Ini semua berkat kerjasama kita,” terang Bupati H Suyatno.

Dikatakan BupatI H Suyatno, masih banyak juga jalan lain yang akan diperbaiki Pembkab Rohil, seperti jalan di Kecamatan Kubu, Pujud, Bagansinembah, dan kecamatan lainnya. “Ini semua akan kita perhatikan pembangunan infrastrukturnya,” pungkas Bupati Suyatno.

 

Penulis / Editor : Amran

x

Check Also

Innalillahi Wainnalillahi Rojiun. Muzakkar, Plt Kadisnaker Rohil Tutup Usia

ROHIL – Innalillahi Wainnalillahi Rojiun. Kabar duka datang dari Kota Pekanbaru, Jumat, 18 Oktober 2019. ...