Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Berita Nasional » Disertai Ledakan, Gudang Senjata Mako Brimob Polda Jateng Terbakar
Gudang senjata di Komplek Brimob Polda Jateng Terbakar. f-net

Disertai Ledakan, Gudang Senjata Mako Brimob Polda Jateng Terbakar

 

SEMARANG — Gudang senjata atau bahan peledak (handak) di komplek Mako Brimob Polda Jateng, Srondol, Kota Semarang terbakar, Sabtu (14/9/2019) pagi.

Dikutip dari Tribunjateng.com, suara rentetan ledakan mirip mercon terus terdengar oleh warga di area sekitarnya. Bahkan dilaporkan juga terdengar hingga ke Tembalang dan Sekaran, Gunungpati.

Pantauan Tribunjateng.com di lapangan, suasana masih mencekam dan panik. Bahkan petugas Damkar yang sudah ada di sekitar mako tidak berani mendekat, khawatir masih akan ada ledakan.

Sari, warga Srondol Wetan, Gang Mangga RT 2/ RW  5 yang rumahnya berdekatan, menyatakan sekitar pukul 07.30 WIB mendengar suara ledakan mirip mercon. Semakin lama suara letusan itu tambah kencang, tidak berhenti pula.

“Awalnya kami yang dekat mengira suara letusan itu adalah latihan. Terus ada warga yang penasaran, kok tambah besar suaranya. Waktu coba melihat, ada asap mengepul dari salah satu bangunan sehingga warga langsung lari semua,” terangnya, di pinggir Jalan Setiabudi.

Menurut warga lain, Gedung Satwa yang ada di dekat gudang jihandak sudah hancur meledak. Saat ini warga sekitar tidak boleh mendekat, jarak aman 200 meter. Pasalnya, dikhawatirkan masih ada bom berkekuatan besar yang belum meledak.

Polisi pun terus berjaga-jaga di lokasi kejadian. Mobil petugas Inafis dan sejumlah mobil pejabat Polda Jateng sudah merapat. Belum ada keterangan resmi mengenai kejadian ini.

Jadi masih belum diketahui penyebab dan ada tidaknya korban akibat gudang handak yang terbakar. Kebakaran disertai ledakan ini viral di media sosial.

Sejumlah pemilik akun di Facebook, Instagram, dan Twitter mengunggah sejumlah video kebakaran dan kepanikan warga sekitar. Ada juga yang membagikan di grup-grup komunitas di WhatsApp. Respons netizen pun beragam, seperti yang berada di akun Instagram @tribunjateng.

Tak sedikit yang menunjukkan kekhawatiran, juga bertanya mengenai penyebab ledakan. Sejumlah netizen asal Semarang juga menyebut letusan terdengar hingga tempat tinggalnya. Bahkan getaran dari ledakan terasa di kediaman mereka, di antaranya di Perumahan Rasamala Utara.

Sumber lain menyebutkan, peristiwa ini terjadi pukul 07.05 yang berasal dari di gudang penyimpanan bahan peledak di Mako Brimob Srondol. Kebakaran yang menimbulkan ledakan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun, beberapa rumah di sekitar lokasi gudang Handak rusak berat. Sejumlah sepeda motor dan mobil di sekitar lokasi juga mengalami kerusakan. Mobil pemadam kebakaran sudah datang namun tidak berani mendekat karena khawatir masih akan ada ledakan. Demi keamanan, aliran listrik di kawasan sekitar lokasi dipadamkan. (***)

 

Editor: Amran

x

Check Also

Kompolnas Cari Feedback Mutu Lulusan SPN Polda NTB

NTB – Kompolnas sebagai mitra strategis Polri sangat konsen dengan berbagai upaya meningkatkan kualitas SDM ...