Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Berita Utama » Izin Lingkungan PTBSS, Rohil, Terancam Dicabut
Kadis LH Suwandi SSos MSi memperhatikan alat pengukur emisi udara di sekitar PT BSS Rohil. f-henri

Izin Lingkungan PTBSS, Rohil, Terancam Dicabut

 

ROHIL – Izin Lingkungan Perusahaan Terbatas (PT) Balam Sawit Sejahtera ( PTBSS), yang berada di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Riau – Sumut, terancam dicabut,

Pasalnya, perusahaan tersebut didapati tidak memperbaiki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

Kadis LH Suwandi SSos MSi di lokasi kolam limbah PT BSS Rohil. f-hendri

“Dari tinjauan kami ke PT BSS kemarin, tidak banyak perubahan sistem di kolam IPAL-nya. Sebelumnya sudah ada sanksi penghentian operasional selama tujuh hari. Jika tidak diperbaiki sanksi selanjutnya bisa pencabutan izin lingkungannya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil, Suwandi S Sos, MSi, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan pihaknya sudah mengingatkan perusahaan tersebut agar taat terhadap kesepakatan yang sudah dibuat.

Kadis LH Suwandi di kolam penampungan limbah PT BSS. f-hendri

Adapun hasil kesepakatan bersama masyarakat dan pihak perusahaan yang disepakati Senin (9/9/2019) kemarin, pertama Area Blok A yang lahan atas nama Ilham Nasution, Julpan dan Tambunan, tidak dialiri limbah cair, disebabkan tidak masuk dalam izin kajian LA.

Selanjutnya Area LA yang bisa dialiri limbah cair adalah Blok C, D, E, dan F, atau lebih kurang 500 meter dari pinggir jalan lintas, dan ketiga, pihak perusahaan harus membuat long bat di area Blok E, dan F, dalam waktu satu (1) bulan.

Pengambilan sample udara di sekitar perusahaan sawit PTBSS Rohil. f-hendri

“Sesuai pasal 79 UU No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan. Apabila pelaku usaha seperti BSS tidak memperbaiki IPAL-nya, dan juga tidak mengindahkan kesepakatan ini, izin lingkungannya bisa dicabut,” tegas dia.

Kedis LH Suwandi di lahan kolam limbah PT BSS Rohil. f- hendri

Sebelumnya, DLH Rohil buat kesekian kalinya turun meninjau, dan menindaklanjuti laporan, dan keluhan masyarakat di sekitar wilayah PKS BSS terkait bau limbah dari PKS tersebut. Sebelumnya, PKS BSS diberikan sanksi penghentian operasional selama tujuh hari. (hendri)

 

Editor : Amran

x

Check Also

Jadi Anggota DPRD Siak, Sujarwo Diminta Perjuangkan Pemuda

  SIAK – Segenap kepengurusan dan kader Barisan Muda Riau Bersatu (BMRB) Kabupaten Siak,  mengucapkan ...