Home » Kabar Kepri » Solat Ied di Kebun Raya Bogor, Jokowi: Semoga Meningkatkan Kesolehan Sosial
Di Kebun Raya Bogor Jokowi serahkan hewan kurban sapi ongole 12 ton.

Solat Ied di Kebun Raya Bogor, Jokowi: Semoga Meningkatkan Kesolehan Sosial

BOGOR – Presiden Joko Widodo, dan Ibu Negara Iriana, menunaikan salat Idul Adha 1440 Hijriah / 2019 di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019) pagi.

Setelah menunaikan ibadah salat Idul Adha, Jokowi menyerahkan hewan kurban.

Jokowi juga menjelaskan hewan kurban ini merupakan seekor sapi peranakan ongole Indonesia. Sapi diserahkan pada Panitia Penyelenggara Idul Adha 1440 H setempat.

Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun Instagram miliknya pada Minggu (11/8/2019), sebagai mana diberitakan tribunnews.com.

Dalam unggahan foto tersebut, Jokowi terlihat tengah mengelus kepala sapi dan didampingi Ibu Negara yang masih mengenakan mukena putih.

Sapi kurban terlihat sangat besar dan sehat. Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI ini juga berpesan di momen Idul Adha ini.

“Semoga kian meningkatkan kesalehan sosial kita,” pesan Jokowi.

Jokowi pun berharap dengan berkurban, kita mampu memberikan yang terbaik demi mendekatkan diri pada Allah SWT.

Ia pun menambahkan bahwa sebagai warga negara, kita berkorban dengan sumbangsih terbaik bagi bangsa, masyarakat, keluarga, dan masa depan generasi kita.

Melansir laman Tribunnews.com, Jokowi menunaikan salat Idul Adha didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya. Tampak juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan sejumlah pejabat lainnya.

Selesai salat, Jokowi dan Iriana langsung menyapa dan berbaur dengan jemaah lainnya sambil bersalaman.

Kemudian, mantan Gubernur DKI ini secara simbolik menyerahkan sapi kurban dengan berat 1 ton lebih jenis Ongole ke Panitia Kurban Kebun Raya Bogor. Sapi ini akan disembelih pada Selasa (13/8/2019).

Pada awak media, Jokowi sempat menyampaikan pesan Idul Adha untuk masyarakat Indonesia yang merayakan.

“Ya ini kan tadi seperti disampaikan oleh khotib bahwa ikatan ketakwaan kita pada Allah SWT wajib. Juga ikatan hubungan antarmanusia wajib kita lakukan,” ucap Jokowi.

“‎Dan yang penting di Hari Raya Idul Adha ini adalah dari sisi kurban, pengurbanan. Itu adalah dorongan kita untuk melakukan kesalehan sosial yang saya kira di negara kita masih terus harus kita dorong agar seluruh umat melakukan itu dengan baik. Baik dengan teman, tetangga, saudara dan rekan sekampung. Saya kira yang berkaitan dengan kesalehan sosial harus kita dorong,” tambahnya lagi.

Pantauan Tribunnews.com, presiden tiba di lokasi salat pukul 06.33 WIB dengan berjalan kaki.

Salat dimulai pukul 07.00 WIB, bertindak selaku khatib pada salat Idul Adha kali ini, Ustaz Iqbal Subhan Nuhraha, dosen Sekolah Tinggi An-Nuaimy, Jakarta.

Diketahui saat perayaan Idul Adha 2018 lalu, Jokowi merayakannya bersama masyarakat di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/8/2018).

Bertindak selaku imam, H Zaenal Abidin yang adalah ‎pimpinan Ponpes Madrosatul Qur’an Al-Falak, Ciomas dan Kiai Haji Muhammad Suhendra sebagai khatib.

Sebelumnya, ketika Idul Adha 2017, Jokowi memilih merayakan bersama masyarakat Sukabumi, Jawa Barat di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (1/9/2017).

Editor: Amran

x

Check Also

Pertamina Batasi Konsumsi Biosolar Subsidi

BATAM – Pertamina menyatakan konsumsi biosolar subsidi di Kepulauan Riau (Kepri) sudah melebihi target yang ...