Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Fokus Rohil » Di Rohil, Hewan Kurban Idul Adha 1440/2019 Meningkat
Kepala DKPP Rohil drh Isa Ahmadi bersama staf DKPP Rohil. f-amran

Di Rohil, Hewan Kurban Idul Adha 1440/2019 Meningkat

 

ROHIL – Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang berkurban pada Idul Adha 1440 H/2019 ini meningkat dibanding pada Idul Adha 1439 H/2018. Peningkatan itu dapat dilhat dari jumlah hewan kurban yang disembelih pada perayaan Idul Adha 1440 H/2019.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pemkab Rohil drh Isa Ahmadi, menyatakan sampai Selasa, 13 Agutus 2019, atau hari ke tiga perayaan Idul Adha 1440 H/2019, data sementara jumlah hewan kurban mencapai 1.897 ekor.

“Data sementara yang masuk, yang kita himpun, jumlah sapi yang dikurbankan 1.162 ekor, kerbau 12 ekor, kambing 618 ekor, dan domba 105 ekor. Jika dibanding dengan hewan kurban pada tahun lalu, maka jumlah hewan kurban pada tahun ini meningkat,” kata Kadis KPP Pemkab Rohil drh Isa Ahmadi, di Batu Enam.

Data jumlah 1.897 ekor hewan kurban tersebut, jelas Isa Ahmadi, belum termasuk data hewan kurban Kecamatan Pujud, dan Kecamatan Bagansinembah, yang baru sebagian menyampaikan jumlah hewan kurban yang sudah disembelih.

“Tahun ini jumlah hewan kurban meningkat. Apa lagi data jumlah hewan kurban untuk Kecamatan Pujud, belum masuk, dan Bagan Sinembah, yang baru sebagian masuk ke kita. Jika semua data masuk, maka diperkirakan sapi kurban akan mencapai 1.400 ekor, belum lagi kerbau, kambing dan domba,” terang Isa Ahmadi.

Dikatakan Isa Ahmadi, pada tahun ini patut di sukuri berbagai jenis hewan kurban tersebut sebagian besar tidak lagi dipasok dari daerah lain.

“Alhamdulilah tahun ini tidak tergantung lagi pasokan dari luar. Sudah 90 persen ternak kurban sudah bisa dipenuhi oleh penyedia dan peternak dari Rohil. Bahkan ada dari Kota Dumai, dan Duri, mengambil dan membeli ternak kurban dari Rohil,” ujar Isa Ahmadi.

Sapi hasil peternakan peternak di Rohil. f-amran

Dalam beberapa tahun mendatang, jelas Isa Ahmadi, Rohil akan bisa swasembada ternak kurban, dan bahkan akan bisa mensuplay kebutuhan hewan kurban untuk daerah luar Rohil. Para peternak di Rohil, terangnya, sudah memperoleh persaraan, baik dari segi umur, maupun kesehatan hewan kurban.

“Insya Allah, dalam dua atau tiga tahun lagi, peternak-peternak dari Rohil akan lebih siap mensuplai untuk wilayah Rohil, bahkan kita siap memasok ke daerah lain di luar Rohil. Apa lagi banyak anakan berbagai hewan ternak akan membesar pada beberapa tahun nanti,” jelasnya. (amran)

 

Editor :  Amran

x

Check Also

Target Retribusi Persampahan di Rohil Pada 2018 Terpenuhi

  ROHIL – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil Suwandi S Sos MSi, mengatakan ...