Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Tokoh - Profil » Pieter Both
Pieter Both

Pieter Both

 

Pieter Both (lahir di Amersfoort, 1568 – meninggal di Mauritius, 1615 pada umur 47 tahun) adalah wakil Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pertama di Hindia, dan bisa pula dikatakan Gubernur Jenderal pertama Hindia Belanda.

Namanya memang tidak sepopuler Jan Pieterszoon Coen atau JP Coen, Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke 4 dan ke 6. Pieter Both memerintah antara tahun 1610 – 1614.

Selesai penugasannya sebagai perwira laut utama di Hindia Belanda (1599-1601), Pieter Both ditunjuk sebagai ‘penguasa tertinggi’ pada November 1609 dengan tugas utama untuk menciptakan monopoli perdagangan antara pulau pulau di Hindia Belanda hanya dengan Kerajaan Belanda, dan tidak dengan negara lain, terutama Inggris.

Dan Pieter Both memulainya dengan mendirikan pos perdagangan di Banten, dan Jakarta (1610). Pieter Both memegang jabatan sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda dari 19 Desember 1610 hingga 6 November 1614.

Dan dia berhasil mengadakan perjanjian perdagangan dengan Pulau Maluku, menaklukan Pulau Timor, dan mengusir Spanyol dari Pulau Tidore.

Sesudah digantikan oleh Gubernur Jenderal Gerard Reynst, Pieter Both bertolak kembali ke Belanda dengan 4 kapal, tetapi malangnya dia tenggelam di perairan Mauritius bersama 2 kapalnya. (sumber Wikipedia)

 

Editor : Amran

x

Check Also

Selamat Ulang Tahun Pak Suyatno

BAGANSIAPIAPI – Bupati Rohil H Suyatno, berulang tahun. Tepat pada Kamis, 21 Juni 2019, Bupati ...