Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home » Pendidikan » Kemendikbud Juga Punya Bimbel On Line Gratis
Rumah Belajar Bimbel Online Gratis Dari Kemdikbud Untuk Siswa Indonesia

Kemendikbud Juga Punya Bimbel On Line Gratis

 

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud ) RI ternyata juga memiliki bimbingan belajar (bimbel) on line, lho. Bimbel on line Kemendikbud RI ini gratis.

Konten bimbel on line Kemendikbud RI ini disebut Rumah Belajar. Bimbel on line ini dibuat Kemendikbud RI untuk mengembangkan kemampuan pendidikan. Pelajar dan guru bisa mengikuti belajar online melalui ruang belajar Rumah Belajar yang diterbitkan Kemendikbud RI.

Konten bimbingan belajar milik Kemendagri RI ini ternyata sudah ada sejak 8 tahun lalu. Sementara bimbingan belajar Ruang Guru, yang baru-baru ini masuk usia 5 tahun, memang lebih dikenal dibanding bimbel Rumah Belajar milik Kemendikbud.

Dikutip dari IVOOX.ID, Kepala Subbidang Aplikasi dan Pengendalian Bidang PTP Berbasis Multimedia dan Web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Hendriawan Widiatmoko,  mengungkapkan bimble on line bisa diikuti di Rumah Belajar atau di https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

“Siapa saja bisa mengikuti pelatihan secara on line, dan off line. Untuk pelatihan off line harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu,” Hendriawam, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Rumah Belajar berisi konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran.

Adapun jargon dari Rumah Belajar yakni ‘Belajar di Mana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja’. Dia mengungkapkan Rumah Belajar, mudah diakses, sebab pada halaman pertama muncul halaman dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar.

Pada menu fitur layar utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan kelas maya.

Pada menu fitur pendukung Ruang Belajar ada tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.

Sumatratimes.com mencoba mengakses situs Rumah Belajar di https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id. Konten memang mudah diakses, dan dapat langsung diakses tanpa melalui registrasi terlebih dahulu.

Dikonten yang menampilkan video (audio visual), memang rada susah mengasesnya. Seperti pada konten sekolah dasar, dan SMP yang menampilkan tutorial audio visual. Mungkin ini disebabkan mengunakan laptop dengan akses internet melalui wifi.

 

Editor : Amran

x

Check Also

Setda Rohil H Surya Arfan: Kuota Jalur Kusus PTN Belum Terpenuhi

  ROHIL – Sekretaris Daerah (Setda) Rohil H Surya Arfan, mengatakan kualitas siswa tamatan Sekolah ...